Wednesday, February 6, 2013

Kasus Flu Burung pada Itik Terbaru Buat Pemerintah Naikkan Anggaran

Maraknya berita kasus flu burung pada itik terbaru disejumlah daerah membuat pemerintah berencana untuk menaikan anggaran untuk penanganan flu burung tahun ini.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian Haryono mengatakan bahwa setidaknya pihaknya membutuhkan dana sebesar Rp 2 Milyar.
Dana tersebut meningkat Rp 1.2 M dibandingkan yang dialokasikan pada 2012 sebesar Rp800 juta. Dana tersebut akan digunakan untuuk ‘DNA Sequancing’ atau pelacakan DNA.
Haryono menambahkan, anggaran untuk penanganan dan penelitian flu burung tersebut nantinya berasal dari APBN maupun dana kontingensi yang khusus berada di Badan Litbangtan.
Haryono mengatakan bahwa belum tentu kematian ribuan itik tersebut disebabkan virus clade 2.3.2 namun dapat juga oleh virus clade 2.1.3 yang berkembang pada 2012 yang keduanya masih tergolong virus H5N1.
Salah satu cara mengatasi itik yang mati mendadak menurut Haryono adalah dengan memberantas lalu lintas unggas dari daerah tercemar clade 2.3.2 maupun clade 2.1 ke daerah lainnya yang masih kasus AI H5N1.


0 komentar:

Post a Comment